Diberdayakan oleh Blogger.
Saat para cendikia berkata, yang lain mendengar...
Saat para fakir berbicara, yang lain membuang muka

Jumat, 15 Januari 2010

Massenrempulu



Nenek moyang kita ( ras Melayu sub etnik dari ras Mongoloid ) konon berasal dari daerah Yunan, Cina Selatan dan wilayah Indocina yang kemudian menyebar ke seluruh kepulauan di Nusantara. Salah satu kelompok lalu singgah dan menetap di Pulau Sulawesi. Mereka kemudian masuk ke wilayah sekitar aliran Sungai Saddang lalu terus ke Gunung Bambapuang. Dari sekitar Gunung Bambapuang ini mereka terus menyebar ke Timur ke daerah Pegunungan Latimojong, ke Selatan daerah Maiwa Sidenreng, ke Barat daerah Pinrang dan Polewali Mamasa serta Tana Toraja di utara.
Kemudian penduduk asli di Bambapuang ini membangun Kampung Rura’ di sebelah timur Gunung Bambapuang dan Kampung Tinggallung di sebelah baratnya. Dan penduduk kampung Rura’ dan Tinggallung membangun Kampung Papi, Kotu, Kaluppini, Bisang, Leoran, Tanete Carruk dan kampung-kampung didaerah Maiwa, Duri, Pinrang, Binuang, Tanah Toraja bagian selatan.

Sejak abad XIV, daerah ini disebut MASSENREMPULU yang artinya daerah pinggiran gunung atau menyusur gunung, sedang sebutan Enrekang berasal dari ENDEG yang artinya NAIK DARI atau PANJAT merupakan asal mulanya sebutan ENDEKAN.
Sedangkan versi lain mengatan bahwa kata ENREKANG berasal dari bahasa Bugis yang berarti daerah pengunungan. Mengapa orang bugis mengatakan demikian dapat dimengerti sebab lokasi kabupaten Enrekang ± 85 % dari seluruh luas wilayah dikelilingi oleh gunung dan bukit yang membentang disepanjang wilayah kabupaten Enrekang yang luasnya ± 1.786.01 Km².
Sehubungan dengan ditetapkannya Perda Nomor : 4,5,6 dan 7 tahun 2002 tanggal 20 Agustus 2002 tentang Pembentukan 4 (empat) Kecamatan Definitif dan Perda Nomor 5 dan 6 Tahun 2006 tentang Pembentukan 2 Kecamatan sehingga pada saat ini enrekang telah memiliki 11 (sebelas ) Kecamatan yang defenitif yaitu :
  1. Kecamatan Enrekang ibukotanya Enrekang
  2. Kecamatan Maiwa ibukotanya Maroangin
  3. Kecamatan Anggeraja ibukotanya Cakke
  4. Kecamatan Baraka ibukotanya Baraka
  5. Kecamatan Alla ibukotanya Belajen
  6. Kecamatan Curio ibukotanya Curio
  7. Kecamatan Bungin ibukotanya Bungin
  8. Kecamatan Malua ibukotanya Malua
  9. Kecamatan Cendana ibukotanya Cendana


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...